Review Film 3 (Alif Lam Mim)

Review film 3 atau yang juga disebut dengan film Alif Lam Mim ini saya tulis setelah menemukan film ini keren! Kemarin lusa saya menghadiri acara Layar Tantjep yang diadakan Masjid Jogokaryan, Jogjakarta. Produser film ini, Mas Arie Untung juga ikut hadir dalam acara ini, loh!

Dalam acara yang disponsori oleh KOPFI ini, banyak iklan pesan-pesan yang ikut disertakan, bahwa dukungan masyarakat kepada masyarakat kepada film yang positif sedikit. Masyarakat lebih suka menikmati film dari produsen film barat yang kadang banyak nilai yang kurang sesuai.

Dan beranjak dari kesadaran itu juga bagusnya film 3 Alif Lam Mim ini, maka saya putuskan untuk menulis review film ini di sini. Walau bukan seutuhnya film religi, tapi ada keeratan nilai Islam yang disampaikan dalam film ini.

Alur Cerita Film 3 (Alif Lam Mim)

Bercerita tentang keadaan Indonesia di tahun 2036 yang telah mengalami revolusi sekitar 2014-2020, kini Indonesia menjadi negara yang liberal dan sekuler. Agama — terutama Islam dan pemeluknya — dicap sebagai sumber kekacauan. Maka kegiatan beribadah sudah semakin dijauhi dan seolah dilarang, orang malu kalau terlihat sedang melakukan ibadah seperti sholat.

Adalah 3 tokoh utama dalam film ini yang berangkat dari latar belakang pondok pesantren yang sama, Alif yang kita menjadi anggota pasukan khusus. Herlam yang menjadi seorang jurnalis brilliant di Libernesia dan Mimbo yang menjadi orang kepercayaan pak Kyai tempat pondok mereka masih berdiri sampai sekarang.

Ketiga tokoh ini memiliki kemampuan bela diri yang di atas rata-rata. Alif memiliki aura api, Lam memiliki aura angin dan Mim yang memiliki aura air tak terkalahkan saat berkelahi di air dan memiliki gerakan yang paling luwes seperti air.

Alif dan Mim memiliki pekerjaan yang sangat berlawanan. Sebagai aparat Alif bertugas menjaga negeri ini dari para keriminal seperti gembong penjahat dan teroris yang image-nya adalah orang-orang yang religius memakai sorban, gamis dan bercelana cingkrang, seperti Mim.

Setelah membunuh Mr. Sunyoto, seorang gembong penjahat, Alif seperti biasanya meminta Lam untuk menemukan data keluarganya untuk dia bantu kehidupannya. Dia terkaget saat mengetahui istri yang ditinggalkan Mr. Sunyoto adalah Laras, mantan kekasih yang meninggalkannya 12 tahun lalu.

Setelah mengikuti Laras yang diserang segerombolan penjahat, Alif membantu menghajar mereka semua. Dan akhirnya Alif tidak bisa mengelak pergi, hubungan yang lama terputus akhirnya terhubung kembali.

Peledakan Candi Cafe

Karena kematian Mr. Sunyoto adalah sebuah kesalahan, dari atasan Alif mendapat hukuman skors. Dan entah dari mana dia memperoleh pesan dari seseorang yang mengaku sebagai Laras untuk datang ke Candi Cafe. Setelah kedatangan Alif dan memintanya untuk menunggu Laras nampak sedih dan bimbang di ruang belakang. Tak lama berselang, sekelompok orang-orang bersorban juga datang, namun ketika hendak memesan makanan mereka diminta keluar oleh pelayan dan sempat terjadi ketegangan.

Melihat ketegangan ini Alif dengan kalem meminta rombongan ini untuk meninggalkan Cafe, akhirnya mereka berkenan. Bahkan Alif ikut mengantarkan mereka sampai halaman. Tepat saat mereka hendak pergi, pelayan menemukan salah satu tas mereka tertinggal. Mengetahuinya Alif memanggil mereka namun pada saat bersamaan tiba-tiba Cafe itu meledak berantakan. Seluruh orang yang berada dalam Cafe tewas.

Mengungkap Peledakan

Setelah kejadian, Lam datang ke Candi Cafe dan menemukan beberapa kejanggalan tentang peledakan itu. Apalagi saat dia sedang berusaha menuliskan berita tentang peledakan itu, tiba-tiba dia melihat atasan Alif melintas di kantornya. Atasan Lam sudah menerbitkan berita terkait kejadian itu berdasarkan press release yang dibuat pihak aparat tadi.

Saat itulah Lam merasakan ada ketidak wajaran yang semakin nyata. Dia menceritakan kepada istrinya tentang apa yang dia temukan, sebuah botol parfum buatan pondok pesantren. Keesokannya Lam ditawari diminta berangkat ke Bromo untuk membuat sebuah liputan, dia menolak karena merasa setiap ada isu berkait terorisme yang melibatkan kaum religius dia selalu diasingkan. Bosnya akhirnya menyampaikan kalau selama Lam masih sholat pasti pandangannya tidak bisa netral pada kasus seperti ini.

Akhirnya pada satu titik dimana si boss memberikan pilihan buatnya untuk tetap lanjut bersama Libernesia dan mengikuti perintas boss. Atau bisa saja Lam resign jika dia tidak merasa sejalan lagi dengan media tempatnya bekerja selama ini. Di hari-hari terakhir dia berada di Libernesia, draft artikel tentang pemboman yang belum selesai dibuatnya tanpa sepengetahuannya justru menyebar ke berbagai rekan jurnalis lain sebagai spam.

Pada malam terakhirnya di sana juga, dia ditemui seorang yang misterius yang ternyata adalah Laras yang masih hidup, memberikan sebuah flash disk untuk kepada Lam dan berpesan untuk melihatnya.

Alif dan Mim Bentrok

Berbekal dari artikel yang belum selesai dari Lam, pihak aparat mengeluarkan surat penangkapan kepada Kyai, karena menurut mereka sudah sangat jelas bahwa pihak pondok telibat dalam pengebomam Candi Cafe.

Karena dari aparat yang dikirim tetap tidak bisa masuk ke pondok, bahkan satu regu yang sebelumnya sudah dikirim sebelum pengebomam juga tidak kembali dan tidak diketahui kabarnya, maka akhirnya Alif dikirim untuk menghadapi Mim. Alif masih sangat emosi karena setahunya Laras, perempuan yang dicintainya ikut tewas dalam pengebomam tersebut.

Pertarungan sengit pun terjadi antara Alif dan Mim. Hampir-hampir tak dapat ditentukan siapa yang unggul dari keduanya dan bisa jadi salah satunya tewas. Jika saja Kyai tidak keluar melerai dan menyerahkan diri setelah meminta lihat surat penangkapan untuknya.

Alif Lam Mim

Sesaat seteah penangkapan itu, Alif dan Lam bertemu membicarakan keadaan yang ada. Lam sangat terkejut saat dia tahu bahwa yang menjadi sumber dakwaan polisi adalah artikelnya yang belum selesai. Di lain sisi Lam memperingatkan Alif untuk berhati-hati dengan Laras, karena tidak ada yang tahu siapa sebenarnya dia.

Keadaan semakin tidak jelas saat di kantor Lam diserang segerombolan orang dengan pakaian seperti pasukan khusus. Dan saat sampai rumah dia dapati rumahnya berantakan dan istrinya telah tewas berbaring di samping anaknya yang juga hampir tewas. Setelah membawa anaknya ke pondok untuk diobati, dan melakukan pemakaman istri Lam yang tidak lain sepupu Mim, mereka kembali bersatu. Alif sadar dia tidak tahu lagi mana kebenaran dan kejahatan, dan bagaimana harus bersikap.

Ending Alif Lam Mim

Di akhir cerita, terungkap siapa sebenarnya Laras, siapa dibalik pengeboman Candi Cafe dan kenapa semua ini terjadi. Ada juga pertarungan sengit dengan lawan yang tidak main-main. Bahkan Mim dan Lam secara bersamaan berusaha mengalahkannya saja kesusahan. Sangat seru!

Nilai Islam dalam Alif Lam Mim

Dalam film ini sangat kental nilai keislaman yang dihadirkan dari tokoh-tokoh dalam pondok pesantren. Salah satu pesan buat kita adalah untuk tidak mudan menyerah. Jangan pernah menyerah! Sebuah pengingat juga bagi kita mungkin adalah untuk bersatu, walau sangat banyak golongan Islam, kita tidak boleh lebih banyak fokus pada perbedaan, tapi fokus pada ukhuwah. Jangan sampai menunggu tidak ada tempat lagi bagi umat Muslim selain di satu tempat — seperti pondok dalam cerita ini — untuk bisa bersatu dalam sebuah harmoni yang damai.

Review Alif Lam Mim FilmReligi.com

Tim FilmReligi.com menilai film ini adalah sebuah film yang sangat rekomended, mulai dari alur cerita yang sangat menarik untuk disimak sampai akhir hingga berbagai efek yang sangat apik sebagaimana garapan visual effect artis dari barat. Walau untuk beberapa ledakan seperti di Candi Cafe terasa agak over sih, hehehe..

Tapi pesan agamanya bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin sangat perlu diapresiasi. Beberapa joke yang sesekali ditampilkan juga lumayan.

Kalau kamu penasaran bagaimana akhirnya yang lengkap, yang tidak terpotong-potong seperti yang mungkin pernah kamu lihat di YouTube, lalu download film 3 Alif Lam Mim ini yang versi .NetTV pastikan kamu bisa melihat versi utuhnya dengan mengadakan nonton bareng bersama Kopfi.

img source: https://twitter.com/kopfi_id/status/924635508101103616

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close